Definisi komunikasi
Communication
is the exchange of information between sender and receiver, and draw
conclusions as the perception of the meaning of something between the
individual involved. Also said to be the interpersonal exchange of information
and understanding.
“Komunikasi adalah pertukaran
informasi antara sender dan receiver, dan menarik kesimpulan sebagai persepsi
tentang makna sesuatu antara individual yang terlibat. Juga dikatakan sebagai
pertukaran interpersonal dari informasi dan pengertian”.
Faktor yang mempengarui Komunikasi
1. Latar belakang budaya
Interpretasi
suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya,
sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator dengan komunikan
maka komunikasi semakin efektif.
2. Ikatan dengan kelompok atau grup
Nilai-nilai
yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan.
3. Harapan
Harapan
mempengaruhi penerimaan pesan sehingga dapat menerima pesan sesuai dengan yang
diharapkan. Semakin tinggi pendidikan akan semakin kompleks sudut pandang dalam
menyikapi isi pesan yang disampaikan
Proses Komunikasi
1.
Sender, Individu,
kelompok atau organisasi yang
menginginkan menyampaikan pesan kepada individu,
kelompok, atau organisasi lain, yaitu receiver.
menginginkan menyampaikan pesan kepada individu,
kelompok, atau organisasi lain, yaitu receiver.
2.
Encoding,
adalah
menerjemahkan pemikiran tentang apa yang
ingin disampaikan ke dalam kode atau bahasa yang dapat
dimengerti orang lain.
ingin disampaikan ke dalam kode atau bahasa yang dapat
dimengerti orang lain.
3.
Message,
adalah
pesan yang merupakan informasi
yang ingin disampaikan sender kepada receiver.
yang ingin disampaikan sender kepada receiver.
4.
Channel
atau medium, merupakan saluran yang akan
dipakai
untuk menyampaikan pesan.
untuk menyampaikan pesan.
5.
Decoding,
memecahkan sandi, merupakan proses
menginterpretasikan dan membuat masuk akal suatu pesan
yang diterima receiver.
menginterpretasikan dan membuat masuk akal suatu pesan
yang diterima receiver.
6.
Receiver,
adalah
orang, kelompok, atau organisasi kepada
siapa pesan dimaksudkan untuk diterima.
siapa pesan dimaksudkan untuk diterima.
7.
Noise,
merupakan
suatu yang menggangu terhadap
penyampaian dan pemahaman terhadap pesan.
penyampaian dan pemahaman terhadap pesan.
8.
Feedback,
merupakan
pengetahuan tentang dampak pesan
pada receiver dan menimbulkan reaksi receiver disampaikan
kepada sender.
pada receiver dan menimbulkan reaksi receiver disampaikan
kepada sender.
Prinsip Komunikasi
1.
Penuh minat terhadap materi pesan,
2.
Menarik perhatian bagi komunikan,
3.
Dilengkapi alat peraga,
4.
Menguasai materi pesan,
5.
Mengulangi bagian yang penting,
6.
Memiliki kegunaan, dan
7.
Jangan menggangap bahwa setiap orang sudah
mengerti
pesan yang kita berikan (perlu umpan balik).
pesan yang kita berikan (perlu umpan balik).
Manfaat Komunikasi
Menurut Alo Liliweri (2007 ; 18), secara umum ada lima kategori fungsi utama komunikasi dan Manfaat Komunikasi diantaranya :
1. Sumber
atau pengirim menyebarluaskan informasi agar dapat diketahui penerima (informasi
/ to inform), fungsi utama dan pertama dari informasi adalah menyampaikan pesan
(informasi) atau menyebarluaskan informasi kepada orang lain, artinya
diharapkan dari penyebarluasan informasi itu para penerima informasi akan
mengetahui sesuatu yang ingin dia ketahui.
2. Sumber
menyebarluaskan informasi dalam rangka mendidik penerima (pendidikan / to
educate), fungsi utama dan pertama dari informasi adalah menyampaikan pesan
(informasi) atau menyebarluaskan informasi yang bersifat mendidik kepada orang lain,
artinya dari penyebarluasan informasi itu diharapkan para penerima informasi
akan menambah pengetahuan tentang sesuatu yang ingin dia ketahui.
3. Sumber
memberikan instruksi agar dilaksanakan penerima (instruksi), fungsi instruksi
adalah fungsi komunikasi untuk memberikan instruksi (mewajibkan atau melarang)
penerima melakukan sesuatu yang diperintahkan.
4. Sumber
mempengaruhi komunikan dengan informasi yang persuasif untuk mengubah persepsi,
sikap dan perilaku penerima (persuasi / to influence), fungsi persuasi
terkadang disebut fungsi memengaruhi, fungsi persuasi adalah fungsi komunikasi
yang menyebarkan informasi yang dapat mempengaruhi (mengubah) sikap penerima
agar dia menentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kehendak pengirim.
5. Sumber
menyebarluaskan informasi untuk menghibur sekaligus mempengaruhi penerima
(menghibur / to entertain), fungsi hiburan adalah fungsi pengirim untuk
mengirimkan pesanpesan yang mengandung hiburan kepada penerima menikmati apa
yang diinformasikan.
Fungsi komunikasi
1. Kendali
: komunikasi bertindak untuk mengendalikan prilaku anggota dalam beberapa cara,
setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus
dipatuhi oleh karyawan.
2. Motivasi
: komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada para
karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang
dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
3. Pengungkapan
emosional : bagi banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama
untuk interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok itu merupakan
mekanisme fundamental dengan mana anggota-anggota menunjukkan kekecewaan dan
rasa puas mereka oleh karena itu komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari
perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial.
4. Informasi
: komunikasi memberikan informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk
mengambil keputusan dengan meneruskan data guna mengenai dan menilai pilihan-pilihan
alternatif (Robbins, 2002 : 310-311).
Hambatan-Hambatan Komunikasi
1. Filtering,
menunjukkan bahwa sender secara
sengaja memanipulasi informasi sehingga receiver
akan melihat lebih favourable.
2. Selective perception, receiver dalam
proses komunikasi secara efektif melihat dan mendengar berdasar pada kebutuhan,
pengalaman, latar belakang, dan karekteristik lainnya personal lainnya.
3. Information oveload,
individu mempunyai kapasitas terbatas untuk memproses data.
4. Emotions, kita
cenderung paling mengesampingkan rasionalitas kita dan proses pemikiran objektif
dan mensubsitusi pertimbangan emosional.
5. Language, umur
dan konteks merupakan faktor terbesar yag memengaruhi perubahan tersebut.
6. Silance, didefinisikan
oleh ketiadaan informasi.
7. Communication apprehension, mengalami
ketegangan yang tidak semestinya dan kegelisahan dalam komunikasi lisan,
komunikasi tertulis atau keduanya.
8. Gender differences, cenderung
digunakan oleh pria untuk menekan status, sedang wanita cenderung menggunakan
untuk menciptakan hubungan.
9. Politically correct communication, berarti
tidak ofensif di mana makna dan penyederhanaan hilang atau kebebasan
berekspresi dirintangi.
10. Personal barriers, menunjukkan
stiap atribut invidual yang menghindari komunikasi.
11. Physical barriers, hambatan
fisik dapat berupa suara, waktu, tempat dan lainnya lagi.
12. Semantic barriers, hambatan
oleh pengguna kata yang tidak jelas atau ambigu.
0 komentar:
Posting Komentar