Pages

Senin, 15 Desember 2014

Knowledge Management

1  Pengertian knowledge management
Knowledge management ialah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan dan mendistribusikan pengetahuan untu digunakan kembali, diketahui dan dipelajari dalam sebuah organisasi.
Kegiatan ni biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

    Jenis penerapan knowledge management

a.    Tacit Knowledge
Adalah manajemen pengetahuan yang sulit dilihat secara kasat mata, atau bersifat personal. Pengetahuan ini dikembangkan melalu pengetahuan yang sulit untuk di formulasikan dan dikembangkan. Pengetahuan ini biasanya tidak terlihat dalam bentuk tulisan namun dapat terukur melalui kinerja seseorang.
b.    Explicit Knowledge
Bersifat formal dan sistematis yang mudah dikomunikasikandan dibagi (Carrillo et al., 2004). Menurut pernyataan Polanyi (1996) pada saat Tacit Knowledge dapat dikontrol dalam benak seseorang, explicit knowledge justru harus bergantung pada pemahaman dan aplikasi secara tacit, maka dari itu semua pengetahuan berakar dari tacit knowledge. Secara umum explicit knowledge dapat dijabarkan sebagai:
·         Dapat diucapkan secara tepat dan resmi
·         Mudah disusun, didokumentasikan, dipindahkan, dibagi, dan dikomunikasikan.
Penerapan explicit knowledge ini lebih mudah karena pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk tulisan atau pernyataan yang didokumentasikan, sehingga setiap karyawan dapat mempelajarinya secara independent.
penerapan contoh explicit knowledge adalah adanya Standard Operational Procedure (SOP) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai manajemen yang ada disuatu perusahaan.

Menurut Sulastiyo (2001),Standard adalah sebagai langkah awal untuk mendapatkan derajat kesesuaian suatu produk, dibandingkan dengan harapan-harapan tamu. Oleh sebab itu, agar suatu jenis pekerjaan dapat menghasilkan produk yang standard dari waktu ke waktu, maka cara-cara mengerjakan untuk mengasilkan produk tersebut juga harus dilakukan dengan cara-cara yang standard pula. Yang dimaksud dengan produk yang standard adalah:
a.    Memiliki derajat kesesuaian untuk pemakai
b.    Setiap  jenis produk yang dihasikan untuk digunakan secara konsisten memiliki spesifikasi yang sama.
Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya atau digunakannya standard Operation Procedure adalah:
a.    Mempunyai nilai sebagai alat atau saluran komunikasi bagi manajemen dengan para staff dan para pelaksananya.
b.    Standard Operation Procedure juga dapat digunakan sebagai alat acuan untuk melaksanakan pelatihan baik bagi para staff dan karyawan, serta bagi karyawan baru.
c.    Standard Operation Procedure dapat mengurangi waktu yang terbuang, dengan demikian diharapkan akan meningkatkan produktivitas kerja bagi manajemen ataupun bagi para staff dan karyawan.
d.    Standard Operation Procedure dapat dilaksanakan secara lebih konsisten, dan menjamin terciptanya produk yang standar, sekalipun dikerjakan oleh orang-orang yang berbeda dan waku pelaksanaan yang tidak bersamaan.
e.    Technology, merupakan salah satu elemen pokok yang terdapat pada knowledge management, dikenal sebagai media yang mempermudah penyebaran explicit knowledge.

3   Elemen-elemen Knowledge Management
a.    People
Knowledge Management berasal dari orang. People merupakan bentuk dasar untuk membentuk knowledge baru. Tanpa ada orang tidak akan ada knowledge.
b.    Technology
Merupakan infrastruktur teknolog yang standar, konsisten, dan dapat diandalkan dalam mendukung alat-alat perusahaan.
c.    Processes
Yang terdiri dari menangkap, menyaring, mengesyahkan, mentransformasikan, dan menyebarkan knowledge ke seluruh perusahaan dilengkapi dengan menjalankan prosedur dan proses tertentu.

Tujuan Penerapan Knowledge Management
Beberapa manfaat knowledge management atau manajemen pengetahuan bagi perusahaan antara lain:
a.    Penghematan waktu dan biaya
b.    Peningkatan aset pengetahuan
c.    Kemampuan beradaptasi
d.    Peningkatan produktivitas

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

apa yang anda baca adalah tugas -_-
 

Blog Template by BloggerCandy.com